Goodie Tips : Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder

Selamat Malam, lanjut lagi...

Memenuhi janji sebelumnya, saya ingin menjelaskan perbedaan soda kue dan baking Powder

Saya juga sebenarnya masih pemula dan masih meraba-raba perbedaan dari kedua pengembang kue ini. Ada satu kondisi saat kita pergi ke supermarket dan kita sampai di rak bahan kue, maka tanpa pengetahuan yang tepat kita akan heran-heran untuk membeli pengembang kue yang tepat. Pengembang mana yang terbaik untuk membuat cake atau roti kita mengembang dengan baik? Yang aman dan anti gagal?

Atau saat dimana saat kita membaca resep di suatu majalah atau website yang memajang gambar-gambar kue homemade yang yummy banget, dan mengharuskan suatu jenis pengembang tertentu, sementara kita tidak memiliki bahan tersebut, namun kita ingat pernah membeli 'yang sejenis itu' dulu dan masih sisa. Apa yang harus kita lakukan? Apakah kita menggantinya atau haruskan kita membeli sesuai ketentuan resep?

Sebenarnya tidak ada patokan tertentu saat kita harus mulai baking. Saya sendiri masih mereka-reka pengembang apa yang terbaik untuk jenis kue-kue tertentu. Tapi paling tidak kita tahu teori awalnya tentang kegunaan ataupun tujuan awal, daripada kita main hajar tapi malah hasilnya salah/ gagal yang buat kita malah sedih (buat kue kalau gagal rasa sedihnya itu... kayak di tinggal pacar lho)

Artikel yang saya ambil disadur dari berbagai sumber.

Pengembang Kue dibagi menjadi 3 macam :
1. Pengembang uap
2. Pengembang Kimia
3. Pengembang organik

Soda Kue dan Baking powder termaksud pengembang kimia yang bekerja dengan melepas gas CO2 yang membentuk gelembung dan mengembangkan adonan.

Soda Kue


Nama lain : Natrium Bicarbonat, NaHCO2, Baking Soda,
Kegunaan : Leaving agent/ pengembang kue


Saat soda kue tercampur dengan cairan dan bahan – bahan yang mengandung asam (Yoghurt, coklat, susu, madu dll) maka akan menghasilkan gas karbondioksida yang membuat kue mengembang. Proses penghasilan gas ini terjadi pada saat pencampuran adonan dan berlangsung cepat, karenanya setelah soda kue dicampurkan adonan harus segera dipanggang. Hal ini sering kita jumpai saat melihat orang membuat martabak manis, Soda Kue dicampurkan terakhir pada saat bahan lain sudah tercampur rata sebelum dipanggang sehingga pada saat dipangang gas yang dihasilkan pada saat pencampuran tidak banyak yang hilang dan martabakpun berbentuk sarang dengan sempurna.

Soda kue bersifat alkalin dan bereaksi dengan asam seperti cuka, buttermilk, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, atau bahkan madu dalam membuat kue. Tanpa bahan tersebut, baking soda tak aktif dan adonan tak akan mengembang.

Kesimpulan : Saat mau menggunakan Soda kue harus memperhatikan kadar asam dari bahan kue. Seperti saat saya membuat brownies kukus, saya menggunakan soda kue karena di dalam kue saya mengandung coklat (asam) yang cukup banyak. Tapi saya masukkan di awal mixer karena coklat saya banyak, supaya menyediakan waktu soda kue dan adonan saya bereaksi/ mengembang.

next,

Baking Powder


Nama lain : Bakpuder, Baking Powder, BP
Kegunaan : Leaving agent/ pengembang kue

Baking powder adalah bahan pengembang yang dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang seperti muffin, bolu, scone, dan biskuit. Baking powder bekerja dengan melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui sebuah reaksi asam-basa, menyebabkan gelembung-gelembung di dalam adonan yang masih basah, dan ketika dipanaskan adonan memuai; ketika adonan matang, gelembung-gelembung itu terperangkap hingga menyebabkan kue menjadi naik dan ringan.

Baking Powder merupakan Sodium Bikarbonat (soda kue) yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati). Baking Powder ada 2 jenis, yaitu single acting dan double acting.

Baking powder single-acting diaktifkan oleh kelembaban, jadi Anda harus segera memanggang adonan berbahan baking powder tersebut setelah dicampur.

Namun, baking powder berjenis double-acting yang bisa bertahan sebentar sebelum dipanggang, karena pelepasan gasnya terjadi dalam dua tahap. Sedikit gas dilepas pada proses pengocokan dengan bahan-bahan basah, sementara sebagian besar gasnya dilepas di oven saat suhu adonan meningkat. Sehingga selisih waktu antara mengaduk adonan dan memanggang tidak begitu memengaruhi hasil akhir kue. Baking powder double-acting inilah yang sekarang ini tersedia secara luas untuk konsumen, meskipun tidak ditulis pada label.


Kesimpulan :

Soda kue memiliki rasa pahit jika tidak dicampur bahan asam, sementara baking powder memiliki rasa netral dan biasa dicampur dengan bahan netral seperti susu. Soda kue dipakai dalam resep kue-kue kering dan kue yang memakai campuran buah atau manisan buah, sementara baking powder sering digunakan saat membuat cake.

Pada dasarnya tujuan kita menggunakan kedua bahan tersebut untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang bagus dan rasa yang enak. Soda kue menghasilkan gas yang lebih sedikit dan rasa yang agak pahit jika di dalam resep tidak ada bahan lain yang mengandung asam. Sedangkan Baking Powder karena di dalamnya sudah terkandung bahan yang mengandung asam (cream of tartar), gas yang dihasilkan lebih banyak dan rasanya lebih netral.

Kita bisa menggunakan baking powder untuk menggantikan soda kue. Dan jika kita ingin menggantikan baking powder dengan soda kue, kita perlu mempertimbangkan komposisi bahan lain yang mengandung asam di dalam resep karena berpengaruh terhadap gas yang dihasilkan oleh soda kue tersebut. Atau kita juga dapat mencampurkan soda kue dengan cream of tartar, dengan perbandingan 1 : 2, I bagian soda kue dicampur dengan 2 bagian cream of tartar.

Demikianlah perbedaan dari kedua jenis pengembang kimia, soda kue dan baking powder. Trials and error, kita tidak akan tahu yang terbaik jika tidak mencobanya sendiri. kadang kita bisa belajar lebih banyak saat praktek langsung buat dan gagal, daripada hanya sekedar nyari-nyari resep...

well, good luck dan selamat mencoba.

Ciao

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Baking_powder
https://id.wikipedia.org/wiki/Natrium_bikarbonat
http://m.bogasari.com/Consumers/ViewTips.aspx?TipsTitle=apa-beda-baking-powder-dengan-baking-soda
http://food.detik.com/read/2013/11/19/173441/2417528/297/soda-kue-dan-baking-powder-apa-bedanya

Nb. Next time akan saya jelaskan tentang jenis-jenis pengembang

Comments

Post a Comment

Popular Posts