Alasan Mengapa Cetakan Kue Lumpur Bisa Hitam

Masih Penasaran... Daripada malming gw gentayangan gara-gara penasaran, mending kita telusuri kenapa cetakan kue seperti punya saya bisa hitam bikin dongkol hati aja.

Apa Bunda punya cetakan kue seperti contoh di bawah ini?


Dan saat dibuat memasak hasilnya begini?? >:(


Bahan kue Bunda jadi hitam dekil tanpa gosong. Masalahnya bukan karena Bunda kurang bersih mencuci cetakan. Tapi lebih karena bahan besi cetakan kurang bagus.

Berikut jenis-jenis bahan cetakan kue, saya copas dari blog sebelah :

Cast iron ( besi cor)

Kelebihan dari alat masak dari besi cor adalah lambat panasnya, tetapi bisa mencapai panas yang diinginkan. Besi cor bisa tahan temperatur tinggi. Bahan tersebut merupakan material yang reaktif. Besi cor bisa bereaksi dengan zat makanan yang sangat asam seperti wine atau tomato. Sebagai tambahan, bayam dimasak didalam besi cor tanpa apa2 bisa berubah hitam.

Cetakan besi cor berrongga atau bahannya berporous dan membutuhkan pemolesan dengan minyak sebelum dipakai. Pemolesan menimbulkan lapisan tipis dari minyak dan carbon diatas besi yang menyelimuti permukaanya dan mencegah lengket. Walaupun besi cor adalah alat masak dapat dicuci dengan sabun, alat tersebut jangan direndam atau didiamkan basah sebab bisa karatan. Sesudah dicuci alat tersebut sebaiknya dipanaskan terbalik di dalam oven dengan panas sedang selama satu atau dua jam.

Alat masak besi Cor baru warnanya seperti perak tetapi setelah dipakai untuk menumis dan ber-kali2 dipakai menjadi hitam dan permukaannya tidak lengket. Untuk mengolesi alat tersebut, olesi dengan lemak keseluruh permukaan alat masak (termasuk bagian yang tidak digunakan untuk memasak seperti dibagian bawahnya dan pegangannya). Setelah proses melaburi selesai alat masak besi cor tersebut sebaiknya di panggang didalam oven untuk menutupi pori2 besi alat masak dengan minyak. Proses tersebut bisa di ulangi jika dirasa perlu. Sedangkan pelapisan untuk alat masak yang tersedia akan membutuhkan pelapisan ber-ulang2 sampai yang diinginkan.


Stainless Steel atau besi baja

Stainless steel adalah alloy ( campuran logam ) yang terdiri dari 11.5 % Chrom dan 8 % nickel, adalah yang umum digunakan untuk alat2 masak. Stainless steel yang tahan karatan, bahan tersebut tidak bereaksi dengan makanan yang bersifat alkaline atau asam, dan bahan tersebut tidak mudah ke gores dan penyok. Kelemahannya hanya penghantar panas lemah dibandingkan dengan besi cor. Akibatnya, alat yang terbuat dari stainless steel dibuat dengan tambahan iring tembaga atau aluminium didalamnya atau dasarnya untuk menghantarkan panas melintasi dasarnya.


Carbon Steel

Carbon Steel adalah baja terbuat dari besi ditambah dengan carbon atau arang mudah ditempah menjadi bahan lembaran tipis, dengan mempertahankan kekuatan dan tahan panas. Alat yang terbuat dari bahan tersebut menghantarkan panas cepat dengan temperatur tinggi. Seperti besi cor perlu dibaluri dengan minyak sebelum dipakai hanya pada permukaan yang digunakan untuk memasak sebelum dipakai. Prosesnya seperti besi cor, ditaruh diatas kompor sampai kering. Pada suatu waktu permukaanya juga menjadi hitam dan tidak lengket, biasanya dipakai sebagai wajan dan untuk membuat crepe.


Kesimpulan :

Jika di cetakan sudah di lap beberapa kali masih hitam, itu terjadi karena endapan arang dari sisa makanan yang masih lengket dan bersama partikel logam ikut ngelupas. Sisa2 minyak dan karbohidrat yang sulit hilang walaupun dicuci dengan sabun, menjadi arang, mengendap diantara pori2 cetakan. Juga ada faktor adhesi yang kuat dari logam cetakan dan minyak yang tidak mudah dihilangkan dengan sabun, bisanya dihilangkan dengan pemanasan atau dengan kekuatan energi baru bisa lepas noda hitamnya termasuk logamnya terlepas.

Ada wacana dimana Aluminium dapat menyebabkan alzeimer pada penderita gagal ginjal. Namun hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor dimana ginjal si penderita tidak sanggup untuk menyaring Allumunium dari dalam tubuh dan juga karena sumber aluminium yang terdapat didalam makanan bukan hanya dari alat dapur saja. Aluminium yang termakan dari alat2 dapur hanya 5% dari seluruh jumlah makanan yang kami konsumsi. Dialam banyak bahan yang mengandung aluminium, seperti daun tea, air tanah untuk minum, udara. Obat ada yang berisi Aluminium seperti untuk menetralkan asam lambung dan pencahar. Untuk menjernihkan air pemerintah kebanyakan menggunakan Aleun yaitu bahan mengandung aluminium supaya semua partikel tanah menggumpal dan mudah disaring. Aleun adalah bahan yang sangat efektif untuk memurnikan air minum Kotamadya. Asupan setiap hari tiap orang hanya boleh 7.2 gram aluminium maximum.

Sebenarnya karena dunia perbesian bukanlah bagian dari profesi saya... Cie.. Tapi kita tidak tahu bahan apa saja yang terdapat dalam sebuat cetakan yang sudah tersebar luas di pasaran. Anehnya lagi, cetakan macam begitu banyak dipergunakan oleh pedagang kaki lima untuk mencari nafkah yan hasil dagangan mereka akan di makan oleh anak-anak. Ada banyak spekulasi bahwa cetakan tersebut bisa saja mengandung Cu (Tembaga) yang jika kontak terhadap udara juga bisa menghasilkan lapisan hitam.

Ada baiknya jika menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa harga tidak akan bohong.. Bahan yang bagus biasanya harganya mahal :(

Mungkin jika sudah gajian akhir bulan akan saya beli cetakan yang teflon, tapi sementara ya bersabar dulu dengan cetakan yang kucrut itu.. Harus bersabar karena duit tidak ada. Harus bersabar... Nanti pasti beli, tapi tidak sekarang... Buat kue pasti buat, setelah cetakan bersih dari lapisan hitam-hitam baru saya masak. Biar mau gimana juga duit tidak bisa bohong, ketahuan kalau saya lagi nggak ada duit... Wkwkwkw ;)


Ciao,,,


Sumber :
https://groups.yahoo.com/neo/groups/naturalcookingclub/conversations/topics/80998/

Cara nyuci cetakan kue pancong/ pukis dan sejenisnya bisa dicopas dari sini
http://dapurdeana.blogspot.co.id/2011/01/cetakan-kue-pukis-pancong.html

Nb. Next saya akan mulai move-on berkreasi yang lain sampai cetakan bersih... Tetep aja, sayang udah beli masa di anggurin? Next time mau beli cetakan yang bagusan deh....

Jika dilihat sepertinya cetakan saya terbuat dari besi cor... ya berarti harus pakai minyak supaya tidak karatan... Berarti bener udah dioles minyak. Biarkanlah, besok coba bersihin lagi... Masih pengen bersihin juga.

Comments

Post a Comment

Popular Posts