Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

enurut teori evolusi Charles Darwin, manusia merupakan hasil evolusi dari monyet sejak zaman purbakala. Hal ini masih merupakan kontroversi, mengingat secara kacamata iman, kita tidak di ajarkan demikian. Bahasan kali ini saya akan membahas hal yang menyerempet sedikit dengan mamalia yang manis tersebut . Bicara tentang monyet, dan sejenisnya pasti erat kaitannya dengan pisang. Pisang yang memiliki nama latin Musa paradisiaca ini juga sering di manfaatkan oleh manusia selain buahnya, pada zaman dahulu nenek moyang kita sering menggunakan beberapa bagian dari tanamana pisang untuk di manfaatkan contohnya Daunnya yang sering di jadikan bungkus pepes, tunas muda pisang yang sering di sayur, dan sebagainya.

Penelitian menunjukan bahwa buah pisang ternyata memiliki banyak manfaat kandungan gizi yang bermanfaat seperti kalsium, Lemak, mineral, vitamin, karbohidrat dan protein. Dari segi kesehatan, pisang terbukti dapat mengatasi peyakit anemia karena mengandung zat besi yang cukup banyak. Pisang mampu mengatasi stress dan depresi karena pisang mengandung asam triptopan dapat di rubah jadi serotonin, zat yang berfungsi merubah suasana hati. Kandungan vitamin B6 di dalam pisang juga dapat mengatur kadar glukosa dalam darah yang dapat merubah mood. Bagi pasien hipertensi juga di anjurkan mengkonsumsi buah ini karena pisang mengandung kalium yang cukup banyak.

Di dalam sel manusia terdapat sebuah fungsi yang dinamakan fungsi pompa Na/K, dimana di dalam sel, ion natrium d tahan di luar sel sementara ion kalium masuk ke dalam sel. Keadaan ini dapat berubah jika tubuh diinduksi oleh neurotrasmitter tertentu. Disinilah kalium memainkan fungsinya jika kalium banyak terbuang, dengan kata lain kadar Natrium dalam aliran darah meningkat, secara otomatis tekanan darah meningkat karena sifat natrium adalah retensi urin atau menahan keluarnya urin. Dengan tidak keluarnya urin, maka enzim Renin yang menimbulkan rasa haus tidak akan muncul. Akibatnya tekanan darah meningkat. Namun jika kalium meningkat, maka ion natrium akan di keluarkan dari dalam tubuh sehingga tekanan darah menurun.

Pisang juga bermanfaat untuk ibu hamil karena di dalam pisang mengandung asam folat yang baik bagi perkembangan otak janin. Pisang dapat dijadikan sumber tenaga karena mengandung gula yang dapat diubah jadi sumber tenaga dan dapat menghilangkan rasa lelah.

Dari segi kecantikan, pisang bisa digunakan sebagai masker wajah, megatasi rambut rusak, menghaluskan tangan. Biasanya di campur dengan madu dan susu untuk hasil maksimal.

Sebab itu, masih malu makan pisang?

Comments

Popular Posts