Cemilan Murah dan Sehat

Habis bongkar-bongkar rak buku malah nemu buku resep jadul. Daripada jadi buluk di makan rayap dan teman-temannya mending di post di blog aja. Cemilan ini bisa di bilang sangat merakyat karena sangat mudah di buat dan bahan-bahannya juga mudah di dapatkan di pasar2 terdekat. daripada penasaran langsung aja kita masuk resep pertama.


Karang Coklat

Bahan :
1. 200 g kacang tanah
2. 125 g gula pasir
3. 1 butir telur ayam
4. 1 sdm bubuk coklat

Cara membuat :

sangrai kacang sampai matang, buang kulit arinya, cincang halus. bisa di mempergunakan tumbukan ( yang dari batu itu, mami saya bilangnya sih itu...) atau blender khusus makanan, tapi kalau bisa jangan terlalu halus seperti serbuk karena berdasarkan pengalaman saya lebih enak yang masih berbentuk kacangnya :)

Campurkan gula, telur dan kacang. aduk rata. terakhir tambahkan coklat bubuk dan aduk lagi. Siapkan loyang olesi dengan mentega. Tuang adonan sesendok demi sesendok ke atasnnya. Panggang dalam oven dengan panas sedang sekitar 20 menit. angkat dan dinginkan. Hati2 jangan terlalu lama karena takut gulanya gosong. bisa di lirik2 tiap 5 menit biar gak kebablasan.


Laksa Ayam

Bahan :
1. 1 Dada ayam rebus
2. Kaldu ayam
3. Bihun/ soun rebus
4. bawang goreng
5. seledri yang di iris halus
6. Santan
7. Daun kemangi
8. Telur rebus

Bumbu :
1. 2 sdt. bubuk ketumbar
2. 3 btir kemiri
3. 1 plat terasi
4. 1 ruas kunyit
5. 3 bawang merah
6. 3 siung bawang putih
7. 3 lembar daun jeruk purut
8. 1 batang sereh

Cara membuat :
bumbu di tumbuk, kecuali daun jeruk dan sereh. Tumis bumbu dengan sedikit minyak Sampai harum. buat simpul dengan batang sereh yang sebelumnya telah di keprek untuk memberi aroma yang lebih sedap, kemudian masukkan ke dalam campuran bumbu. Tuangkan kaldu ayam dan didihkan kecilkan api masak kira-kira 15 menit lagi lalu tambahkan santan, merica, garan gula dan micin secukupnya. Jika sudah di tambahkan santan maka harus terus di aduk agar santan tidak pecah. setelah matang lalu angkat dan siap di sajikan.

Cara penyajian :
serbit ayam dengan cara di sobek2 kasar, berikan sedikit bihun/ soun yang telah di rebus, dan telur rebus yang telah di belah jadi 2. lalu tuangkan kuah laksa yang telah masak. taburi bawag goreng dan daun seledri. nb. bisa di lihat di gambar berikut.



Sambal kemiri

Bahan :
1. 5 lombok merah yang telah di rebus
2. 2 butir kemiri yang goreng sedikit garam, cuka, vetsin

Cara Membuat :
Bahan-bahan di gerus, bubuhi dengan sedikit air matang dan cuka sampai cukup rasanya.


Wedang Gemue

Bahan :
1. 3 ibu jari jahe
2. 3 lembar daun pandan
3. 3 batang sereh
4. gula jawa dan gula pasir secukupnya
5. Santan 1 gelas
6. garam

Cara membuat :
Didihkan air kira2 satu setengah liter, masukan jahe yang sudah di memarkan dan di bakar. juga batang sereh dan daun pandan yang daunnya sudah di serbit2. Masak dengan api kecil dan tutup panci kira2 setengah jam. bubuhi gula secukupnya. Tambahkan santan. Masak hingga santan matang, lalu saring. hidangkan panas2 dengan di bubuhi kelapa muda dan irisan roti.

Comments

Popular Posts