Cara Merawat Gitar yang Baik

Baru saja menemukan artikel koran yang menarik banget neh,, Hmm, cekidot.

Selain untuk mengiringi penyanyi dalam berdendang, kehadiran gitar kerap di gunakan untuk mengisi waktu luang, entah itu sendiri atau bersama teman. Lantunan senarnya bagi sebgaian orang mampu menyalurkan perasaannya baik suka maupun duka. Agar suara gitar tetap prima tidak ada salahnya jika kita melakukan trik berikut.

1.Bersihkan senar dari keringat, minyak dan kotoran setelah Anda selesai bermain. Hal inilah yan bisa menimbulkan karat yang kemudian akan mengikis fret gitar Anda sedikit demi sedikit. Untuk itu gosoklah senar dengan kaos bersih, atau bila perlu dengan pembersih yang bisa di dapatkan di pasaran.

2.Jika senar berkarat, gantilah segera dengan senar yang baru agar tidak terjadi kerusakan lebih jauh pada fret Anda. Di anjurkan agar menganti senar satu set agar keharmonisasian suara tetap terjaga.

3.Gunakan tempat khusus untuk [enyimpana gitar bla tidak di gunakan. Agar gitar terhindar dari debu dan kotoran.

4.Bersihkan seluruh bodi gitar dengan kain lap yang halus. Gunkan semir khusus gitar untuk hasil maksimal.

5.Bersihkan jga fretboard karena disinilah tempat bersarangnya kotoran yang tidak di sadari. Bersihkan dengan benda yang tumpul seperti pick gitar lalu lap kembali dengan kain lembut.

6.Sedapat mungkin jangan letakan gitar langsun di atas lantai tak beralas untuk waktu yang lama. Lantai yang dingin menurunkan kualitas kayu body gitar dan akhirnya membuat suaa gitar tidak jernih lagi. Akan lebih baik jika gitar di gantung di dinding aa di tempat khusus gitar.

7.Jika gitar sudah rusak, maka bawalah ke ahlinya untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut.

Comments

Popular Posts